KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS IV MI NURULLAH KABUPATEN CIREBON

  • Nia Lestari Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Tati Nurhayati Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Tamsik Udin Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendhuluan, yang mana terdapat permasalahan mengenai  siswa yang tidak mau bekerjasama dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok, tidak peduli kepada sesama serta bertengkar dengan teman sekelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai kerja sama guru dan orangtua dalam mengembangkan perilaku prososial kelas IV MI Nurullah Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrptif.  Subyek penelitian ini adalah 7 orang siswa, 5 orang wali murid, 1 orang walikelas dan 1 orang kepala sekolah. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai kerja sama guru dan orangtua dalam mengembangkan perilaku prososial siswa kelas IV MI Nurullah Kabupaten Cirebon: (1) Proses kerja sama guru dan orangtua dalam mengembangkan perilaku prososial diterapkan melalui pembentukan whatsapp grup, adanya rapat, home visit, komunikasi antara guru dan orangtua yang baik serta pemberian peringatan (2) Perilaku prososial siswa sebagian sudah bagus, namun ada beberapa permasalahan yang ada terkait perilaku prososial  masih tergolong rendah hanya sebagian seperti pada saat piket dikelas dan bekerjasama dalam tugas kelompok lebih kepada menyuruh orang lain (3) Kendala dalam kerjasama guru dan orangtua adalah orangtua tidak komuikatif, waktu luang yang sedikit, berbenturan dengan kegiatan orangtua, Maka alternativ dalam mengatasinya adalah melakukan home visit, mengagendakan setiap kegiatan dari jauh-jauh hari serta berkomunikasi yang baik.

References

Akhsania, K. N. (2018). Pendidikan Karakter Prososial di era milenial dengan pendekatan konseling realitas. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Vol 2 No 2.
Amanda Wulandari, D. (2019). Hubungan kepercayaan diri dengan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Generasi Emas Jurnal pendidikan islam anak usia dini, Vol 2 No 2.
Asih, G. Y. (2010). Perilaku Prososial ditinjau dari empati dan kematangan emosi. Jurnal prikologi universitas Muria Kudus, Vol 1 No1.
Bashori, K. (2017). Menyemai perilaku prososial di sekolah. Sukma, Vol 1 No 1.
Chairiri, A. (2009). Landasan filsafat dan metode penelitian kualitatif. LPA.
Darmawan, W. (2015). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku prososial siswa SMA Muhammadiyah 1 Malang. Psikovidya, Vol 19 No 2.
Desmita. (2016). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja rosdakarya.
Desmita. (2017). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja rosdakarya.
Frisnawati, A. (2012). Hubungan antara intensitas menonton reality show dengan kecenderungan perilaku prososial pada remaja. Empathy, Vol 1 No 1.
Hariwijaya, M. (2007). Metodelogi dan penulisan skripsi, tesis, dan disertasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga terhadap perkembangan anak. Musawa, Vol 7 No 2.
Jalaludin. (2016). Psikologi agama. Jakarta: Rajawali pers.
Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama guru dengan orang tua membentuk karakter disiplin siswa kelas V SD Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru sekolah dasar, Edisi 18 Tahun ke-5.
Matondang, E. S. (2016). Perilaku prososial (proscial behavior) anak usia dini dan pengelolaan kelas melaui pengelompokkan usia rangkap (multiage grouping). Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 8 No 1 .
Moleong, L. (2017). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya.
Mu'azzomi, N. (2014). Kerjasama guru dan orang tua dalam pembinaan ibadah anak di TK Al-Muthmainah Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol 14 No 1.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuanitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi komunikasi dan media, Vol 15 No 1.
Natsir, N. F. (2018). Mutu Pendidikan: kerjasama guru dan orang tua. Jurnal Mudarrisuna, Vol 8 No 2.
Novrinda. (2017). Peran Orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Potensia, PG PAUD FKIP UNIB, Vol 2 No 1.
Partiningsih, D. (2017). Efektivitas kerjasama guru dan orang tua dalam mendukung pembelajaran baca al-qur'an anak di SD IT Nurul Ishlah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah didaktika, Vol 12 No 2.
Prima, E. (2018). Upaya guru dalam menumbuhkan perilaku prososial anak usia dini (studi pada guru di tk khalifahpurwokerto). Yin Yang, Vol 13 No 2.
Purnamasari, I. (2018). Kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebayat terhadap perilaku prososial siswa di SMP. Journal Unnes, Vol 2 No 2.
Purwanto, M. N. (2014). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja rosdakarya.
Putra, H. P. (2015). Peningkatan perilaku prososial siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling. Jurnal konseling dan pendidikan, Vol 3 No 2.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: kalam Mulia.
Sari, E. P. (2013). Pengembangan model layananbimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap prososial. Jurnal bimbingan konseling UNES, Vol 2 No 2.
Setyosari. (2015). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuanitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahuningtyas, E. F. (2018). Kerjasama Guru dengan orangtua dan pengaruhnya terhadap perilaku siswa. Urecol University Research Colloqium.
Published
2020-08-04
How to Cite
Lestari, N., Nurhayati, T., & Udin, T. (2020). KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS IV MI NURULLAH KABUPATEN CIREBON. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 1(2), 132-149. Retrieved from http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/20
Section
Articles