PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT DESAIN BERBASIS GAMBAR VEKTOR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 KOTA CIMAHI

  • Dadi Margana SMK Negeri 3 Kota Cimahi
Keywords: Aktivitas Belajar, Pembelajaran Metode Demonstrasi, Desain Berbasis Gambar Vektor

Abstract

ABSTRAK

Perlunya penulis menggunakan instrumen atau alat yang dapat digunakan sebagai pengumpul data dalam penelitian dimaksudkan agar data yang diperoleh lebih akurat. Pengumpulan data atau informasi merupakan prosedur penelitian dan merupakan prasyarat bagi pelaksanaan pemecahan masalah penelitian. Pengumpulan data ini diperlukan cara-cara dan teknik tertentu sehingga data dapat terkumpul dengan baik. Proses pembelajaran pada kompetensi dasar membuat desain berbasis gambar vektor dengan menerapkan pembelajaran metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, karena pembelajaran metode pembelajaran demonstrasi menuntut siswa untuk aktif dalam belajar. Metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kedisiplinan siswa untuk belajar, suasana keakraban dalam belajar antar siswa maupun dengan guru, serta siswa aktif dalam proses belajarnya. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi berupa peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana terjadi peningkatan pada siklus III sebesar 61 % dibandingkan siklus I yang hanya 37.5 %, untuk aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran yang ada prakteknya pada siklus III meningkat sebesar 23,5 % dibandingkan siklus I.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran Metode Demonstrasi, Desain Berbasis Gambar Vektor

 

ABSTRACT

The need for the author to use an instrument or tool that can be used as a data collector in the study is intended so that the data obtained is more accurate. The collection of data or information is a research procedure and is a prerequisite for the implementation of research problem solving. This data collection requires certain ways and techniques so that the data can be collected properly. The learning process on the basic competence of making vector-based designs by applying demonstration learning methods can improve student learning activities, because demonstration learning methods require students to be active in learning. Demonstration learning methods can improve student discipline to learn, an atmosphere of intimacy in learning between students and teachers, and students are active in the learning process. This can be seen from the results of observations in the form of an increase in student learning activities, where there was an increase in the third cycle by 61% compared to the first cycle which was only 37.5%, for student learning activities in the subjects that had practice in the third cycle increased by 23.5% compared to the third cycle. I.

Keywords: Learning Activities, Demonstration Method Learning, Vector Drawing Based Design

References

DAFTAR PUSTAKA
Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Indonesia (2008), Penelitian Tidakan Kelas. Bandung.
Pendidikan dan Latihan Peningkatan Profesionalisme guru. (2008). Action Research. Bandung.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Kompetensi dan kompetensi Dasar Mata Pelajaran Multimedia MA/SMA/SMK, Jakarta: Depdiknas
Ws, Erlik and Nuri. (2011). Teaching English as a Foreign Language. Madium. Istana. Muslihuddin. (2008). Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. Bandung: LPMP Jawa Barat.
Muslihuddin, Ade Sudrajat, dan Ujang Hendra. (2012). Revolusi Mengajar. Bandung: HPD.
Tim MGMD Multimedia. (2013). Modul Multimedia Sekolah Menengah Atas (SMA). Bandung: HUP.
Published
2022-12-16
How to Cite
Margana, D. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE DEMONSTRASI PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT DESAIN BERBASIS GAMBAR VEKTOR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 3 KOTA CIMAHI. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 3(1), 11-21. https://doi.org/10.1234/uniedu.v3i1.72
Section
Articles