STRATEGI WALI KELAS DALAM MEMBINA KREATIVITAS SISWA KELAS V DI RW 01 DESA RAMBATAN KULON KECAMATAN LOHBENER KABUPATEN INDRAMAYU

  • Lathifatunnisa Lathifatunnisa Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Moh Masnun Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Syibli Maufur Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari study pendahuluan, yang mana terdapat permasalahan mengenai kreativitas belajar siswa di RW 01 Desa Rambatan Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu, dimana terdapat beberapa siswa khususnya di kelas V masih terdapat siswa yang pasif ketika belajar, siswa yang tidak mandiri dan bertanggung jawab, siswa yang bosan didalam kelas serta siswa yang mengobrol di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi wali kelas dalam membina kreativitas siswa kelas V di RW 01 Desa Rambatan Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu. Adapun pendekatan metode yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologik yaitu menekankan berbagai aspek subjektif dari perilaku selanjutnya. Subjek penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V yang ada di RW 01 yang berjumlah 22 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) strategi pembelajaran saintifik yang digunakan wali kelas meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan hasil karya kolase di depan kelas. 2) hasil kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran SBdP materi kolase yaitu siswa dapat mengenal warna dan memadukannya, mengenal aneka jenis bahan, mengenal sifat bahan dan menghasilkan suatu karya yang indah dan menarik. 3) tingkat kepuasan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran wali kelas menunjukan prosentase 78% pada kategori tinggi artinya siswa merasa puas dengan strategi yang digunakan wali kelas tersebut.

References

Alfa Kristanto. (2017). Memahami Paradigma Pendidikan Seni. 4.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta .
Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Jurnal Pendidikan Islam, 13.
Ida Ayu Km Mirah Wartini, I. W. (2014). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha , 4.
Karismanto. (2003). Teknik, model dan strategi pembelajaran dalam matematika. Yogjakarta.
Khasanah, Y. N. (2019). Meningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase pada Anak. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3.
Kurniawan, A. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cirebon: Graha Bima Terrace A.
Majid, A. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Miky Chiang, M. S. (2013). Peningkatan Kreativitas Melalui Pembelajaran KolaseE dengan Menggunakan Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun. 3.
Muharrar, S. &. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang : Erlangga.
Nurdyansyah. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islamic Elementary School , 4.
Nurfatoni, S. (2013). Kajian Gambar Ekspresi Karya Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Repository Universitas Pendidikan Indonesia.
Republik, Indonesia. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
S.Winataputra, U. (2006). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. MKDK4004/MODUL 1, 4.
Salam. (2001). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makasar, 15.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soegeng Ysh, A. (2013). Filsafat Pendidikan suatu Pengembangan. Semarang: IKIP.
Soehadjo. (2012). Pendidikan Seni dari Konsep Sampai Program. Universitas Negeri Malang, 5.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatitf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan dan Kjian Seni, 1-15.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.
Wahyudi. (2007). Anak Kreatif . Jakarta: Gema insani.
Published
2020-10-29
How to Cite
Lathifatunnisa, L., Masnun, M., & Maufur, S. (2020). STRATEGI WALI KELAS DALAM MEMBINA KREATIVITAS SISWA KELAS V DI RW 01 DESA RAMBATAN KULON KECAMATAN LOHBENER KABUPATEN INDRAMAYU. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 1(2), 150-167. Retrieved from http://edutrimedia.com/ojs/index.php/uniedu/article/view/19
Section
Articles