KONSEP PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MI/SD DALAM MELAKSANAKAN SHALAT LIMA WAKTU

  • Keke Putri Endahwati IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
Keywords: Pembiasaan Shalat Dhuha, Kedisiplinan Siswa MI/SD, Shalat Lima Waktu

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari banyaknya siswa yang belum disiplin melaksanakan shalat lima waktu. Masih banyak siswa yang kurang khusyu dan seringkali hendak diperintahkan ketika melaksanakan shalat lima waktu, khususnya untuk siswa yang duduk di kelas 4. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui konsep pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat lima waktu. Teknik dalam pengumpulan data penelitian menggunakan studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konsep pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha yang baik untuk siswa MI/SD yaitu perlu adanya suatu pembiasaan yang dilakukan secara berulang dan setiap hari agar tercapainya pelaksanaan yang mana nantinya akan menjadi suatu kebiasaan pada diri siswa, pembiasaan tersebut bisa dilakukan dengan cara ketika anak masih usia dini. Selain itu, bisa melului latihan-latihan dan bimbingan orang tua dan guru baik ketika di rumah maupun disekolah, serta yang paling penting adalah selalu memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa, karena pada hakikatnya anak selalu menirukan apa yang ia lihat dari publik fugurnya. (2) konsep pembiasaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan siswa MI/SD dalam melaksanakan shalat lima waktu dengan cara membiasakan shalat dhuha kepada siswa secara rutin dan setiap hari, yang mana pembiasaan tersebut dapat menanamkan kedisiplinan pada diri siswa, sehingga siswa menjadi disiplin baik dari segi melaksanakan maupun pelaksanaan  itu sendiri, dari segi waktu membuat siswa menjadi lebih disiplin dan bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, siswa juga menjadi disiplin dalam pelaksanaannya bagaimana caranya meluruskan dan membenarkan gerakan ataupun bacaan yang salah. 

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chandra, A., & Angin, A. P. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara, 1, 6.
Diana, F. S., Setyorini, & Irawan, S. (2019). Pengaruh Nilai Pendidikan Karakter Terhadap Disiplin Siswa Kelas XI SMK Islam Sudirman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Psikologi Konseling, 14, 377.
Fatihah, I. (2019). Manajemen Pembelajaran Agama melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di Sekolah Dasar Negeri Mega Eltra. JIEM (Jurnal of Islamic Education Manajemen), 53.
Firmansyah. (2018, Febuari). Internalisasi Nilai-nilai PAI melalu Metode Pembiasaan pada Siswa MTs. Al-Kautsar Ranggo. Al-Furqan Jurnal Studi Pendidikan Islam, VI, 7.
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra', 08, 68.
Haryanto, S. (2007). Psikologi Shalat. Yogyakarta: 91.
Hayati, S. N. (2017). Manfaat Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlaki; Karimah Siswa A (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasari Kediri Tahun Pembelajaran 2014-2015). Jurnal IAIN Kediri, 46.
Khasanah, H., Nurkhasanah, Y., & Riyadi, A. (2016, Januari-Juni). Metode Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dhuha Pada Anak Hiperaktif Di MI Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 36, 12.
Laelasari, E. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Drill Dalam Praktek Ibadah Terhadap Disiplin Siswa Dalam Melaksanakan Shalat. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04, 4.
Maysaroh, P. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di C9 School. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan, 13, 75. Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Ajibarang Wetan. Jurnal Kajian Keislaman, 8, 123.
Nilamsari, N. (2014, Juni). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, XIII, 178.

Nurani, N., & Siwiyanti, L. (2019, Desember). Implementasi Pembbentukan Akhlak Terpuji Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An-Nuur Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Utile, V, 99.
Rafi'udin. (2018). Ensiklopedia Shalat Sunnah Dhuha. Jakarta Selatan: Indocamp.
Raharjo, F. F. (2014). Hubungan Partisipasi Mengikuti Ekstrakulikuler dan Kedisiplinan Belajar dengan Kemandirian belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi, 4, 3.
Rajab, K . (2011) Psikologi Agama. Yogyakrta: Aswaja Prasendo.
Rosad, W. S. (2020). Pelaksanaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU Ajibarang Wetan. Jurnal Kajian Keislaman, 8, 123.
Sa'diyah, A., Djalil, A., & Dewi, M. S. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat DHuha Di SMKN 5 Kota Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 124.
Saputra, F., & Hilmiati. (2020, Juni). Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha dan SHalat Dhuhur Berjamaah Di MI Raudlatusshibyan Nw Belencong. el-Middad:Jurnal PGMI: 12, 78.
Widi, E. N., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa-siwai SMA Ditinjau Dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4, 145.
Yasin, F. (2013). Penumbuhan Kedisiplinan Sebagai Pembentukan Karakter peserta Didik di Madrasah. Jurnal el-Hikmah Falkutas Tarbiyah UIN Maliki Malang, 9, 128.
Yasyakur, M. (2016, Januari). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Shalat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1197.
Published
2021-04-30
How to Cite
Keke Putri Endahwati. (2021). KONSEP PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MI/SD DALAM MELAKSANAKAN SHALAT LIMA WAKTU. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(1), 120-135. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i1.30
Section
Articles