PENGEMBANGAN MEDIA KERETA PEMBAGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II C MI PGM KOTA CIREBON

  • Haris Fathurrohman IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Media Kereta Pembagi, Kemampuan Keterampilan Berhitung Pembagian

Abstract

Pelajaran matematika sulit di mengerti dan di pahami oleh siswa yang membuat siswa cepat putus asa dan merasa bosan karena matematika tergolong abstrak karena pada dasarnya Siswa sekolah dasar kelas 2 tahap belajarnya masih dalam fase operasional kongkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran kereta pembagi dalam meningkatkan kemampuan keterampilan berhitung pembagian siswa kelas II C MI PGM Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and development) dengan mengikuti prosedur dari Boarg and Gall yang terdiri dari beberapa tahap pengumpulan infornasi awal, perencanaan, mengembangkan bentuk produk awal,revisi produk dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil validasi oleh tim ahli media adalah rata-rata skor 3.8 presentase 95%  dan 3.9 presentase 97,5% dan skor rata-rata hasil validasi praktisi adalah 4 presentase 100% dan hasil validasi oleh ahli materi adalah 4  presentase 100% dan hasil uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 38,25 termasuk dalam kategori “Baik” pada kepraktisan media dan juga mendapatkan presentase 100% pada evaluasi hasil ketuntasan nilai pada post test dan mendapatkan kriteria sangat baik dan  menunjukan bahwa media kereta pembagi layak digunakan dan termasuk dalam kategori “Baik” .

Kata Kunci : Media Kereta Pembagi, Kemampuan Keterampilan Berhitung Pembagian

References

Adiningsih, N. U. (2008). Permaianan Kreatif Asah Kecerdasan Logis Matematis.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran . Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Asyhari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Bku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-BIRUNI Vol 5 No 1.
Ekayana, A. G. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrpkpntrpler Berbasis Advance Virtual Risc (AVR) dalam mata pelajaran Teknik Mikrokontroler. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Erlina. (2009). Super media paduan praktis pemanfaatan media mengajar di internet. Erlangga.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Wiyaiswara,edisi 1 No 4 ISSN: 2355-4118.
Karo-Karo, I. R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM Vol 7 No 1.
Muliani, B. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif dan mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Model Kereta Api. PANDAWA volume 1, No 1.
Musfiqon. (2012). pengembangan media dan sumber belajar. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Mushon, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akutansi IndonesiaVol VIII, No 2.
Nataliya, P. (2015). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekola Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan vol 3 No 2.
Nataliya, P. (2015). Efektifitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional Congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. jurnal ilmiah psikologi terapan vol 3 No 2.
Novianti, R. (2015). Pengembangan Permaianan Roda Putar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka anak Usia 5-6 Tahun. EDUCHILD vil 4 No 1.
Nur, S. F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Permainan Kubus Bergambar Pada Anak Kelompok B3 di Tk lu Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. PAUD Teratai Vol 2 No 1.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa. Misykat, vol 03 No 01.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 No 1, 21.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol 8 No 1.
Palasari, Y. D. (2014). pengaruh penggunaan media kereta bernomor terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Dharma wanita persatuan kebmas gresik. Paud Teratai Vol 3, No 3.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP jl. Tambra Raya . No 23 Rawamangun, Jakarta 13220.
Setiyawan, H. (2017). pembelajaran matematika dengan menggunakan rel kereta bilangan pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Jurnal Pendidikan vol 11, No 2.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Grup.
Winarsieh, W. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 dengan Bermain Kereta Angka Melalui Model Pembelajaran Area pada Kelompok B TK di Surabaya. Paud Teratai volume 3 no 3.
Published
2021-04-30
How to Cite
Haris Fathurrohman. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KERETA PEMBAGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS II C MI PGM KOTA CIREBON. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(1), 65-81. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i1.36
Section
Articles