PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI MI PUI KODASARI KEC. LIGUNG KAB. MAJALENGKA

  • Laras Wati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Kreativitas Siswa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi, yang mana wali kelas V di MI PUI mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan maksimal dimulai dari persiapan strategi, metode, model serta media pembelajaran selalu disiapkan oleh wali kelas. namun dalam mengamati peneliti melihat kurangnya kreativitas yang dimiliki oleh siswa di MI PUI Kodasari Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik guru di MI PUI Kecamatan Ligung Kabuaten Majalengka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post-facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI PUI Kodasari yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket kompetensi pedagogik guru dan lembar observasi kreativitas siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kompetensi pedagogik guru di MI PUI Kodasari termasuk kategori Baik dengan persentase sebesar 91,25%; 2) kreativitas siswa di MI PUI Kodasari termasuk dalam kategori baik dengan persentase 75,05%; 3) terdapat pengaruh cukup antara kompetensi pedagogik guru terhadap kreativitas siswa, yaitu sebesar 49,2%, sisanya dipengaruhi faktor lain.

Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Kreativitas Siswa.

References

Asih, M., Ali, M., & Astuti, I. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Google Scholar .
Boty, M., & Handoyo, A. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Ma'had Islamy Palembang. JIP Ilmiah PGMI , 46.
Febriyanti, F. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Pekanbaru. UIN-SUSKA.ac.id .
Hamdani. (2017). HUbungan Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Mengajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih Di MAN 2 Model Medan. Jurnal Ansiru .
Huda, F. A. (2017). Pengertian kreativitas siswa. Fatkhan.web.id .
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi .
Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran Kelas II SMP Negeri IV Rokan Koto. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora .
Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Jurnal.Unimus.ac.id , 2.
Kusmijati, N. (2014). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di SMP Negeri 2 Purwokerto. Geoedukasi .
Kusumantoro, A. N. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Disiplin Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal .
Meutia, V., & Mursita, R. A. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Dalam Pembelajaran Peserta Didik Tunarungu. Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini .
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru. Sukabumi: CV Jejak.
Ramadhan, F., Sodikin, & Fajarini, U. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kreativitas Guru. Sosio Didaktika : Social Science Education Journal .
Rusnawa. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa Pada SMAN 1 Leupung. Intelektualita .
Sambada, D. (2012). Perrhanan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual. JPFA : Jurnal Penelitian Fisika dan Aplkasinya .
Saranggih, H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa PPS Unimed .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETE CV.
Sulfemi, W. B. (2015). Kemampuan Pedagogik Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor .
Sunarto. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika .
Published
2021-04-30
How to Cite
Laras Wati. (2021). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI MI PUI KODASARI KEC. LIGUNG KAB. MAJALENGKA. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(1), 156-174. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i1.44
Section
Articles