PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 182 PERUMNAS CIJERAH

  • eka wulaningsih SDN 182 PERUMNAS CIJERAH
Keywords: project based learning, pembelajaran seni tari

Abstract

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 182 PERUMNAS CIJERAH”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya kreatif siswa dalam pembelajaran seni tari sesuai model pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan judul tersebut peneliti merumuskan tiga  masalah yaitu, perencanaan pembelajaran seni tari, proses pembelajaran seni tari dan hasil pembelajaran seni tari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, proses, dan hasil pembelajaran seni tari kelas V SDN Perumnas Cijerah melalui model project based learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V C SDN Perumnas Cijerah, maka jumlah sampel yang diambil adalah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi pustaka sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus tindakan di SDN 182 Perumnas Cijerah. Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I hingga siklus II. Pada pra siklus hanya 14 peserta didik yang tuntas dari 25 siswa atau sebanyak 56% yang mencapai standar KKM. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 19 siswa yang tuntas dari 25 peserta didik atau sebanyak 76% yang mencapai standar KKM. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 peserta didik yang tuntas dari 25 peserta didik atau sebanyak 96% yang mencapai standar KKM. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran seni tari dengan menggunakan metode project based learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada  materi tari kreasi daerah.

Kata kunci: project based learning, pembelajaran seni tari

References

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Belajar.
Agustin, S. (2021). Peran Kreativitas Seni dalam Proses Pendidikan. Jurnal Pendidikan.
Weil, Joyce and Calhoun. (2009). Models Of Teaching. Newyork: A Person Education Company.
Cropley, A. J. (1999). Creativity and Cognition: Producting Effective Novelty. Roeper Review: A Journal On Gifted Education.
Hidayat, Robby. (2005). Tari Jaranan: Sebuah Permasalahan Seni Pertunjukan. Dalam Jurnal Imaji Vol 3. No. 2.
Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Narawati, Tati dan Masunah, Juju. (2012). Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional (P4ST) UPI.
Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian, Raudhah.
Syamsiah, N.,& H.Rudianto. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masala
Published
2021-12-01
How to Cite
wulaningsih, eka. (2021). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 182 PERUMNAS CIJERAH. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 2(3), 104-113. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i3.65
Section
Articles